Perbedaan Resolusi XGA, WXGA, dan SVGA Dalam Proyektor

Sering mendengar XGA jangka, WXGA, dan SVGA, tapi tidak mengerti apa sebenarnya perbedaan antara satu sama lain? Jika Anda mengalami hal ini, maka berikut review dapat membantu Anda memahami tiga jenis proyektor resolusi dengan baik.

Jadi, tanpa membuang waktu lagi, di sini adalah XGA review, WXGA, dan SVGA Anda perlu tahu. Selamat membaca!

Perbedaan Resolusi XGA, WXGA, dan SVGA Dalam Proyektor
Perbedaan Resolusi XGA, WXGA, dan SVGA Dalam Proyektor

Perbedaan Resolusi XGA, WXGA, dan SVGA Dalam Proyektor

Apa XGA?

XGA yang merupakan singkatan Array Grafis eXtended, yang memiliki resolusi 1024 x 768. Secara umum, resolusi ini memiliki jauh lebih piksep untuk menghasilkan gambar. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan oleh proyektor dengan resolusi yang satu ini akan lebih halus, lebih bagus, dan lebih detail.

Tentu saja, untuk mendapatkan semua keuntungan dari resolusi XGA, pastikan juga bahwa komputer, laptop, atau monitor menghubungkannya ke proyektor juga memiliki resolusi XGA. Sedangkan perangkat yang sudah memiliki resolusi XGA, tapi terhubung dengan resolusi proyektor XGA bawah, gambar yang dihasilkan tidak akan optimal karena ada begitu banyak piksel yang hilang akibat proses kompresi dilakukan.

Saat ini, proyektor dengan resolusi XGA adalah pilihan yang paling populer. Selain berbagai perangkat layar dapat didukung oleh proyektor ini, proyektor ini juga XGA kompatibel digunakan dengan hampir semua jenis komputer atau laptop. Belum lagi, hasil dari menggunakan gambar proyektor ini jauh lebih tajam dan jelas. Penggunaan proyektor XGA cocok untuk hampir semua jenis kamar yang memiliki ukuran sedang, misalnya, ruang pertemuan di kantor dan ruang kelas.

Apa yang lebar XGA (WXGA)?

Lebar XGA atau WXGA adalah satu set resolusi native non-standar XGA standar display untuk mencapai rasio layar yang lebih luas. Biasanya, yang biasa digunakan untuk LCD WXGA modnitor komputer dengan layar besar untuk membantu pengguna membuat presentasi, atau untuk TV LCD untuk low-end.

WXGA dapat dipahami sebagai tampilan resolusi 1366 x 768 dengan aspek rasio 16: 9. Sementara itu, bila digunakan untuk presentasi dari sebuah laptop dengan ukuran layar 14 atau 15 inci, atau layar dengan rasio aspek 16:10.

Bila digabungkan, resolusi WXGA yang paling umum adalah sebagai berikut:

Resolusi 1280 x 720 (monitor) dengan aspek rasio 16: 9.
1280 x 768 resolusi (monitor) dengan 15 aspek rasio: 9 (5: 3).
Resolusi 1280 x 800 (monitor) dengan rasio aspek 16:10 (8: 5).
Resolusi 1360 x 768 (LCD TV) dengan aspek rasio 16: 9.
Resolusi 1366 x 768 (LCD dan TV plasma, dan beberapa jenis lain dari monitor) dengan aspek rasio 16: 9.
Serupa dengan XGA proyektor, WXGA proyektor juga mampu menampilkan gambar dengan detail yang sempurna dan menarik. Meski harganya lebih mahal daripada proyektor XGA, kualitas jelas tidak diragukan lagi. Biasanya, yang ideal proyektor WXGA digunakan tidak hanya untuk presentasi, tetapi juga untuk memutar video atau bermain film.

Hal ini karena pixel yang lebih padat dan lebih jelas gambar, tajam dan detil, serta proyeksi layar yang lebih luas. Oleh karena itu, penggunaan proyektor WXGA bisa dibilang bahkan lebih luas, termasuk ke ruangan yang lebih besar sekalipun. Misalnya, ruang konferensi, ruang kelas, dan home theater.

Apa yang dimaksud dengan Super VGA (SVGA)?

Sementara itu, SVGA atau Super Video Graphics Array adalah perluasan dari VGA. Dengan proyektor memiliki resolusi yang satu ini, maka hasil gambar yang ditampilkan adalah 800 x 600 piksel pada layar 14-inch seperti laptop, atau 1200 x 1600 pada layar 20-inch seperti TV atau monitor komputer.

Proyektor dengan resolusi SVGA kini semakin jarang digunakan. Meski begitu, ada orang-orang yang memilih itu karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan proyektor dengan resolusi yang lebih tinggi, seperti XGA dan WXGA.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan antara ketiga jenis resolusi sebelum membeli proyektor yang tepat. Mudah-mudahan informasi di atas dapat membantu Anda memilih proyektor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *